Selamat datang di blog Berita Kalimantan

Thursday, February 6, 2014

Tengkawang: Tumbuhan Khas Kalimantan Barat

Shorea Singkawang adalah nama buah dan pohon dari genus Shorea yang hanya ditemukan di Kalimantan Barat. Singkawang merupakan nama sebuah tempat (Kotamadya-red) di Kalimantan Barat. Masyarakat Kalimantan Barat mengenal Shorea singkawang sebagai pohon Tengkawang. Pohon Tengkawang menjadi maskot (flora identitas) provinsi Kalimantan Barat.

Pohon Tengkawang hanya berbuah sekali dalam periode antara 3-7 tahun yang terjadi sekitar bulan Juni-Agustus. Buah Tengkawang menghasilkan minyak lemak yang bernilai ekonomi tinggi. Secara tradisional, minyak Tengkawang digunakan untuk memasak, penyedap masakan dan untuk ramuan obat-obatan. Dalam dunia industri, minyak tengkawang digunakan sebagai bahan pengganti lemak coklat, bahan farmasi dan kosmetika. Pada masa lalu tengkawang juga dipakai dalam pembuatan lilin, sabun, margarin, pelumas dan sebagainya. Minyak tengkawang juga dikenal sebagai green butter.

Di Kalimantan Barat masih banyak ditemukan pohon Tengkawang yang dipelihara dalam suatu kawasan hutan masyarakat yang dikenal dengan Tembawang (sebutan masyarakat Dayak-red). 




Pengolahan buah tengkawang
Pada daerah ini pohon Tengkawang dipelihara dengan baik untuk diambil buahnya. Umumnya Tengkawang hidup berdampingan dengan tanaman buah-buahan yang sengaja di tanam oleh masyarakat pemilik tembawang. Tembawang ini telah ada ratusan tahun yang lalu dan diwariskan secara turun temurun oleh nenek moyang mereka dan dijaga kelestariannya.

No comments:

Post a Comment