Selamat datang di blog Berita Kalimantan

Wednesday, October 9, 2013

Anggrek Bulan Kalimantan Barat



Indonesia terkenal sebagai salah satu negara megabiodiversity di dunia. Indonesia memiliki 42 tipe ekosistem yang berbeda. Letak Indonesia yang sangat strategis pada daerah khatulistiwa turut mendukung tingginya keanekaragaman hayati di Indonesia. Indonesia memiliki sekitar 4000-5000 spesies anggrek sehingga Indonesia dijuluki sebagai The Land of Orchids.

Peta Persebaran Anggrek di Indonesia






















Pulau Kalimantan menjadi  pusat persebaran Anggrek terbesar kedua setelah Papua dengan jumlah spesies mencapai 1422 spesies, Sumatera dengan 1126 spesies, Jawa 769 spesies, Sulawesi 500 spesies, Maluku 369 spesies, Nusa Tenggara sekitar 200 spesies, Maluku sebanyak 369 spesies dan Papua sebanyak 2717 spesies.

Paraphalaenopsis serpentilingua (Orchidaceae) yang dikenal sebagai Anggrek bulan Kalimantan Barat adalah anggrek endemik  Kalimantan Barat. Jenis anggek ini ditemukan hidup epifit di hutan dataran rendah pada ketinggian di bawah 1000 m dpl. Anggrek ini tumbuh dengan baik pada suhu yang hangat dan terkena cahaya matahari. Daunnya berbentuk pensil, bulat memanjang, runcing dibagian ujungnya, dan berwarna hijau tua. Batangnya pendek, berwarna hijau tua sampai keunguan.

No comments:

Post a Comment