Selamat datang di blog Berita Kalimantan

Friday, October 25, 2013

Anggrek Cula dari Kalimantan Barat



Satu lagi kekayaan alam Kalimantan kembali diungkap. Peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), menemukan spesies baru anggrek yang berhabitat asli di Kalimantan Barat.  Salah satu keunikan jenis anggrek baru ini yaitu adanya tonjolan kalus berukuran cukup besar yang muncul dari bibir bunganya sehingga terlihat seperti “cula”

Gambar Anggrek Cula  (Malleola inflata)





















Spesies baru ini resminya diberi nama Malleola inflata. Inflata diambil dari bentuk bagian bibir bunganya yang menggembung yang menyerupai guci. Kuntum bunga anggrek bercula ini tergolong kecil. Tingginya sekitar 8-9 mm dan lebar 6-7,5 cm. Kuntum bunga berwarna krem cerah. Pada bagian sepal dan petalnya terdapat motif garis yang berwarna jingga. Anggrek ini bisa tumbuh hingga berukuran 11 cm.

Malleola inflata berkerabat dekat dengan jenis Malleola punctata dan Malleola aberrans. Perbedaannya terletak pada bentuk bibir bunga yang menggembung dan kalus "cula" di bagian pangkal cuping tengah bibir bunga. 

Malleola inflata tumbuh di dataran rendah dengan ketinggian 300-700 meter dpl, antara suhu 26-28 derajat Celsius. Tanaman ini bisa berbunga sepanjang tahun. Penemuan bunga ini dipublikasikan di Malesian Orcid Journal edisi Februari 2013.


1 comment:

  1. Kalimantan Masih Menyimpan Sejuta Kekayaan Alam dan Budaya yang belum Terexspose dipublik...

    ReplyDelete