Selamat datang di blog Berita Kalimantan

Thursday, October 29, 2015

Sagu Kalimantan (wild bornean sago palm)


Satu lagi kekayaan hutan Kalimantan mulai terkuak. Sagu Kalimantan atau dikenal sebagai Eugeissona utilis (Ordo: Arecales; Famili: Arecaceae) yang tumbuh liar di hutan Kalimantan disebut sebagai “wild bornean sago palm” yang berarti Sagu Liar Borneo merupakan salah satu tumbuhan endemik pulau Kalimantan. Meskipun tidak banyak yang mengenal jenis tumbuhan ini, namun dapat menjadi salah satu bukti betapa kayanya hutan Kalimantan akan keanekaragaman tumbuhan dan hewan endemik.

Sagu Kalimantan tumbuh secara berumpun dengan tinggi sekitar 9 meter dan diameter batang mencapai 20 cm. Daun tumbuh menyirip tersusun secara spiral pada pelepah yang berduri rapat. Bunga tumbuh di ujung ranting dengan panjang bunga mencapai 2 meter, bercabang banyak dan tegak. Dari perbungaan ini menghasilkan buah berbentuk bulat telur yang keras bersisik menyerupai salak dengan panjang sekitar 10 cm dan lebar 5 cm. Sagu Kalimantan tumbuh pada tanah-tanah yang kurang subur.


Sagu Kalimantan termasuk jenis palem yang mempunyai kualitas sagu yang baik. Sagu yang dihasilkan dari batang tubuhan ini merupakan makanan pokok bagi masyarakat Dayak Punan di Kalimantan Timur yang mengembara. Tunas muda dapat diolah sebagai sayuran, daunnya dimanfaatkan untuk atap rumah. Biji dan serbuk sari juga dapat dimakan. Akarnya dapat digunakan untuk membuat tongkat, tangkai payung dan berbagai bentuk anyaman.

No comments:

Post a Comment