Selamat datang di blog Berita Kalimantan

Thursday, October 22, 2015

Bajing Endemik Kalimantan (Exilisciurus whiteheady)



Indonesia adalah Negara yang kaya akan sumber daya alam hayati. Sebagain besar sumber daya alam hayati tersebut belum diketahui sehingga sangat sedikit informasi tentangnya. Indonesia memiliki 30 spesies bajing dari 278 spesies yang telah teridentifikasi di dunia. Dari 30 spesies tersebut, sebagian besar merupakan spesies endemik Indonesia.

Bajing kerdil telinga kuncung merupakan salah satu jenis bajing di Indonesia dan endemik pulau Kalimantan. Bajing ini memiliki ukuran hanya sebesar jari jempol kaki orang dewasa. Bajing kerdil telinga kuncung memiliki nama ilmiah Exilisciurus whiteheady yang masuk dalam famili Sciuridae. Bajing ini memiliki ciri khusus yaitu terdapat rambut putih pada bagian telinganya. Masyarakat Kalimantan Barat khususnya daerah Ketapang menyebut bajing kerdil ini dengan nama klingsat atau pungkang. Suaranya kecil melengking dan bernada yang membuat kita terkadang tidak bisa membedakan dengan suara burung

Habitat bajing kerdil telinga kuncung
Bajing kerdil telinga kuncung hidup pada hutan-hutan di dataran tinggi Kalimantan dengan buah-buahan sebagai makanannya. Bajing kerdil telinga kuncung kurang dikenal oleh banyak peneliti di Indonesia sehingga data-data mengenai spesies ini sangat terbatas. International Union for Conservation of Nature (IUCN) memasukkan bajing kerdil telinga kuncung ke dalam status kurang perhatian (least concern).

No comments:

Post a Comment