Selamat datang di blog Berita Kalimantan

Wednesday, October 7, 2015

Lutung Kalimantan (Presbytis frontata)


Lutung dahi putih (Presbytis frontata) merupakan salah satu jenis lutung endemik Kalimantan yang termasuk ke dalam famili Cercopithecidae. Lutung ini memiliki ciri khusus berupa warna putih yang terdapat pada bagian kening yang tidak berambut dan adanya jambul berbentuk kerucut di kepalanya. Sementara pada bagian punggungnya ditumbuhi bulu berwarna coklat keabu-abuan dan pada bagian depan berwarna coklat kekuningan. Ekornya abu-abu kekuningan panjangnya hingga satu setengah kali panjang tubuhnya. 

Lutung dahi putih mempunyai panjang tubuh berkisar antara 50-60 cm dengan ekor yang panjangnya mencapai 70-75 cm. Berat tubuh lutung dahi putih jantan dewasa rata-rata 5,67 kg, sedangkan betina dewasa beratnya rata-rata 5,56 kg. Hewan ini aktif di siang hari (diurnal) dan sebagian besar aktivitasnya dilakukan di atas pohon (arboreal). Makanan utama spesies ini adalah daun-daunan muda, tetapi juga memakan buah dan biji. Satu kelompok ada 10-15 individu.


Daerah persebaran P. frontata
Lutung dahi putih ditemukan di bagian barat dan tengah pulau Kalimantan. Ditemukan pada hutan primer dataran rendah, di hutan riparian dan di hutan dataran tinggi. Kadang-kadang juga ditemukan di daerah hutan sekunder dan daerah perkebunan. Saat ini, lutung jenis ini masih temukan di Taman Nasional Betung Kerihun (Kalbar), Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya (Kalbar-Kalteng), Taman Nasional Gunung Palung (Kalbar), Taman Nasional Kutai (Kaltim), Hutan Lindung Sungai Wain (Kaltim) dan Daerah perlindungan Lanjak-Entimau (Malaysia)

3 comments:

  1. Wah... ternyata di daerahku juga ada.
    Heee

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  2. ditempatku ada, tapi kok warnanya coklat kemerahan kayak lutung jawa? atau spesies lainkah?

    ReplyDelete