Selamat datang di blog Berita Kalimantan

Wednesday, October 2, 2013

Badak Kalimantan



Berbicara tentang keanekaragaman jenis tumbuhan dan hewan di KALIMANTAN tentu takkan pernah ada habisnya. Kalimantan dikenal sebagai pusat persebaran kantong semar dan durian terbesar di dunia. Kalimantan juga dikenal sebagai daerah persebaran hewan endemik seperti orang utan, bekantan, burung Enggang, kera kerdil Kalimantan, ikan arwana dan ular bunglon Kapuas. Bahkan di Kalimantan juga ditemukan GAJAH KALIMANTAN yang memiliki ukuran tubuh lebih kecil jika dibandingkan dengan gajah Sumatera.


Akhir-akhir ini,  WWF-Indonesia pada 2 Oktober 2013 telah mengunggah sebuah video baru ke situs Youtube tentang penemuan BADAK SUMATERA di Pulau KALIMANTAN. Video ini diperoleh melalui pemasangan 16 kamera jebak (camera trap) yang dipasang selama tiga bulan di beberapa lokasi berbeda di Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur. Video ini adalah video pertama yang menjadi bukti keberadaan badak Sumatera di Kalimantan.



Selama ini, Badak Sumatera hanya ditemukan di kawasan konservasi di Sumatera, yaitu di Taman Nasional Gunung Leuser, Taman Nasional Way Kambas dan Taman Nasional Bukit Barisan. Namun, kini ditemukan juga di Kalimantan sehingga penemuan ini dapat memberikan gambaran betapa kayanya bumi Khatulistiwa (Kalimantan).

No comments:

Post a Comment