Selamat datang di blog Berita Kalimantan

Wednesday, February 5, 2014

Macan Dahan Kalimantan



Macan Dahan Kalimantan (Neofelis diardi) merupakan kucing liar dan pemangsa terbesar yang ada di Pulau Kalimantan. Macan dahan Kalimantan memiliki badan yang kekar, dengan berat badan antara 12-25 kg dan panjang sekitar 90 cm


Panjang gigi taringnya mencapai 2 inci (5 cm), ekornya dapat tumbuh sepanjang tubuhnya yang berfungsi untuk membantu keseimbangan tubuhnya. Pola bulunya oval tak beraturan dengan sisi tepi hitam dan di dalamnya terdapat titik-titik hitam. Pada lapisan rambut tubuhnya terdapat tutul-tutul berbentuk mirip awan sehingga di sebut clouded leopard (Bahasa Inggris). 

Peta distribusi Neofelis diardi di dunia
Macan dahan Kalimantan hanya terdapat di Pulau Kalimantan dan Sumatera. Di Kalimantan, mereka bisa ditemui di hutan hujan dataran rendah di bawah 1.500 m (4,900 kaki). Di Sumatera tampaknya mereka ada lebih banyak di daerah perbukitan dan pegunungan.







Pada tahun 2008, IUCN mengklasifikasikan spesies ini sebagai spesies yang rentan terhadap kepunahan. Di Kalimantan jumlahnya diperkirakan hanya sekitar 5.000 - 11.000 ekor dan 3000 -  7.000 di Sumatera.

Video Macan Dahan Kalimantan (Neofelis diardi) :


1 comment: