Selamat datang di blog Berita Kalimantan

Monday, October 12, 2015

Rafflesia tuan-mudae



Indonesia merupakan salah satu negara terluas di dunia dengan luas mencapai 5.193.250 km² (mencakup daratan dan lautan). Tidak heran jika Indonesia menjadi pusat persebaran flora dan fauna eksotik dunia salah satunya Rafflesia. Terdapat 32 jenis Rafflesia di dunia, 17 jenis (53%) diantaranya ditemukan di Indonesia, sementara di Filipina terdapat 10 jenis dan di Malaysia hanya 8 jenis.

Kalimantan Barat menjadi salah satu daerah ditemukannya jenis Rafflesia endemik Borneo. Rafflesia tuan-mudae adalah salah satu jenis Rafflesia endemik Kalimantan Barat. Tumbuhan ini tidak memiliki batang, daun ataupun akar yang sesungguhnya. Bunga ini ditemukan menumpang (parasit) pada sejenis liana yang disebut Tetrastigma sp. (famili Vitaceae).  


Tumbuhan ini memiliki bunga yang berukuran besar dengan diameter bunga saat terbuka mencapai 60 cmBiji sampai pada tanaman inang dengan perantara binatang, kemudian masuk ke dalam jaringan akar dan tumbuh di dalam jaringan inang sampai sebelum bunganya muncul. Bunga tumbuhan Rafflesia akan muncul setelah 9 bulan. Bunganya besar berwarna oranye sampai merah. Bunga mekar hanya selama 7 hari.

Bunga Rafflesia berbau seperti daging yang membusuk, sehingga disebut "bunga bangkai" atau "bunga daging". Bau bunganya yang tidak enak menarik serangga seperti lalat dan kumbang kotoran untuk berkunjung dan membantu proses penyerbukan. Tupai dan mamalia hutan lainnya memakan buahnya dan membantu dalam pemencaran bijinya.

5 comments:

  1. Dimana persisnya saya dapat melihat bunga R. Tuanmudae ini di Kalbar? Apakah jauh dari Pontianak?

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Apakah jauh dari Pontianak tempat bunga INI? Saya sangat tertarik untuk melihat langsung? Bagaimana menghubungi and a?

    ReplyDelete
  4. bunga ini mungkin bisa cukup mudah ditemukan di wilayah kota singkawang

    ReplyDelete